Cara Instal Driver Printer HP pada OS Linux

Cara Instal Driver Printer HP pada OS Linux

Printer HP adalah salah satu merek printer yang banyak digunakan oleh pengguna komputer di berbagai bidang. Printer HP memiliki kualitas cetak yang baik, fitur yang lengkap, dan dukungan yang luas untuk berbagai sistem operasi, termasuk OS Linux.

OS Linux adalah sistem operasi yang bersifat open source dan gratis, yang memiliki banyak distribusi atau varian, seperti Ubuntu, Linux Mint, Debian, Fedora, dan lain-lain. OS Linux menawarkan keamanan, stabilitas, dan fleksibilitas yang tinggi bagi penggunanya.

Untuk dapat menggunakan printer HP dengan OS Linux, Anda perlu menginstal driver printer yang sesuai dengan model dan distribusi Linux Anda. Driver printer adalah perangkat lunak yang menghubungkan printer dengan komputer dan memungkinkan Anda mengatur pengaturan, fungsi, dan fitur printer.

Ada dua cara untuk menginstal driver printer HP pada OS Linux, yaitu:

  1. Menggunakan driver bawaan OS Linux. Cara ini lebih mudah dan cepat, tetapi mungkin tidak mendukung semua model dan fitur printer HP. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
    • Pastikan printer Anda sudah menyala dan terhubung dengan komputer Anda, baik melalui kabel USB, jaringan nirkabel, atau Bluetooth.
    • Buka menu Pengaturan > Perangkat > Printer dan scanner pada OS Linux Anda.
    • Klik tombol Tambahkan printer atau scanner dan tunggu hingga sistem mendeteksi printer Anda.Jika printer Anda muncul di daftar, pilih nama printer Anda dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan instalasi.
    • Jika printer Anda tidak muncul di daftar, pilih Printer atau scanner saya tidak tercantum dan ikuti petunjuk di layar untuk mencari dan menambahkan printer Anda secara manual.
  2. Menggunakan driver HPLIP (HP Linux Imaging and Printing). Cara ini lebih lengkap dan akurat, tetapi mungkin memerlukan beberapa langkah tambahan. HPLIP adalah driver resmi dari HP untuk OS Linux, yang mendukung lebih dari 3000 model printer HP. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
    • Kunjungi situs web HPLIP 1 dan unduh paket instalasi HPLIP sesuai dengan model dan distribusi Linux Anda.
    • Buka terminal di folder tempat Anda menyimpan paket instalasi HPLIP dan ketik perintah berikut: chmod +x hplip-3.21.8.run && ./hplip-3.21.8.run (sesuaikan nomor versi dengan paket yang Anda unduh).
    • Ikuti petunjuk di terminal untuk menjalankan instalasi HPLIP. Anda mungkin diminta untuk memasukkan password root, memilih model dan jenis koneksi printer Anda, serta menginstal beberapa dependensi yang diperlukan.
    • Setelah instalasi selesai, jalankan aplikasi HP Device Manager dari menu Aplikasi > Aksesoris > HP Device Manager.Klik tombol Setup Device pada aplikasi HP Device Manager dan ikuti petunjuk di layar untuk menambahkan printer Anda.

Setelah menginstal driver printer HP pada OS Linux, Anda dapat mencetak dokumen, foto, atau file lainnya dengan mudah dan cepat. Anda juga dapat mengakses pengaturan, fungsi, dan fitur tambahan printer melalui aplikasi HP Device Manager atau aplikasi lain yang terkait.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menginstal driver printer HP pada OS Linux. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait dengan instalasi driver printer, Anda dapat menghubungi dukungan teknis HP 2 atau komunitas Linux 3 4 untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Footer :

  1. https://www.fosslinux.com/1547/install-hp-printer-drivers-in-ubuntu-linux-mint-and-elementary-os.htm
  2. https://support.hp.com/us-en/document/ish_7795955-7796023-16
  3. https://ubunlog.com/id/cara-menginstal-driver-printer-hp-Anda-di-ubuntu-18-04/
  4. https://www.belajarlinux.org/tutorial-cara-install-printer-dan-scanner-di-ubuntu-linux-mint/

Salam


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *